Ternyata Menjilat Luka Bikin Cepat Sembuh

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Ketika Anda mengalami luka goresan sehingga sedikit berdarah, biasanya Anda segera menjilat luka tersebut atau mengulumnya dengan harapan darah akan berhenti mengalir. Banyak orang yang menganggap cara tersebut tidak higienis, tapi tak sedikit pula yang punya keyakinan bahwa menjilat luka justru akan membuat luka cepat sembuh. Mana yang benar?



Beberapa ilmuwan dari Belanda pernah mengidentifikasi suatu senyawa dalam ludah manusia yang ternyata mampu mempercepat penyembuhan luka. Karena ludah merupakan cairan kompleks dengan banyak komponen, mereka berusaha mengidentifikasi komponen mana yang berperan dalam penyembuhan luka.

Dengan menggunakan beragam teknik, peneliti memisahkan ludah ke dalam komponen-komponen individual, menguji masing-masing dalam beragam jenis luka, dan akhirnya menemukan bahwa histatin adalah komponen yang berfungsi sebagai penyembuh luka tersebut. Histatin merupakan sejenis protein yang dapat dengan cepat memulihkan luka karena memiliki zat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiperadangan.

"Studi ini tidak hanya menjawab pertanyaan biologis mengapa binatang biasa menjilat luka-luka mereka," kata Gerald Weissmann, MD, pemimpin redaksi jurnal The FASEB. "Penelitian ini juga menjelaskan mengapa luka-luka di dalam mulut, seperti saat pencabutan gigi, sembuh jauh lebih cepat dibandingkan luka pada kulit dan tulang. Hal ini juga mengarahkan kita untuk mulai memandang liur sebagai sebuah sumber untuk obat-obatan baru."

Berita baiknya, menurut para peneliti senyawa ini memang bisa diproduksi secara massal, sehingga berpotensi menjadi semacam krim antibiotik dan spiritus. Oleh karena itu temuan para pakar ini memberikan harapan bagi orang-orang yang mengalami luka yang kronis akibat diabetes dan kelainan lain, seperti cidera traumatik dan luka bakar.

http://asaborneo.blogspot.com/2011/10/ternyata-menjilat-luka-bikin-cepat.html
 
Jangan lupa di like...
   
Follow Juga Ya....

osserem 31 Oct, 2011


--
Source: http://osserem.blogspot.com/2011/10/ternyata-menjilat-luka-bikin-cepat.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Facebook Comment